Cara Pengecekan IMEI HP di Kemenperin Agar Tidak di Blokir Pemerintah
Cara Pengecekan IMEI HP di Kemenperin Agar Tidak di Blokir Pemerintah

Cara Pengecekan IMEI HP di Kemenperin Agar Tidak di Blokir Pemerintah

Cara Pengecekan IMEI HP di Kemenperin Agar Tidak di Blokir Pemerintah – Cara pengecekan IMEI hp di kemenperin cukup mudah kami akan mengulasnya sebentar lagi. Sebelumnya kita akan bahas mengapa hp atau ponsel tanpa nomor IMEI resmi akan diblokir oleh pemerintah.

Seperti yang lagi ramai diberitakan, bahwa saat ini Pemerintah RI melalui Kominfo, Kemenperin, dan Kemendag resmi memblokir ponsel black market (BM) yang beredar di Indonesia.

Blokir IMEI oleh Pemerintah, kenapa?

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ini sedang mengembangkan sistem identifikasi produk ponsel ilegal yang dinamakan Device Identification, Registration, and Blocking System (DIRBS).

Sistem ini sebagai upaya menvalidasi database nomor identitas asli ponsel atau IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Setiap ponsel saat terhubung ke operator akan diperiksa oleh aplikasi DIRBS. Apabila nomor IMEI-nya terdaftar, maka proses koneksi akan berlanjut. Apabila tidak terdaftar, maka proses koneksi akan dihentikan atau diuputus.

Pemblokiran dilakukan dengan pemindaian nomor IMEI, sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 11 Tahun 2019 yang telah disahkan.

Seperti dikutip Kompas.com, Kebijakan ini dilakukan untuk mengamankan potensi pemasukan pajak yang dapat masuk ke kas negara.

Sebab, berdasarkan data Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) hingga akhir 2019, setiap tahun pemerintah diperkirakan kehilangan potensi pajak hingga Rp 2,8 triliun, dengan masuknya sekitar 11 juta ponsel BM.

Untuk itu kamu harus memastikan nomor IMEI hp kamu telah terdaftar di Kemenperin. Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah ponsel kita resmi atau terdaftar nomor IMEI-nya? berikut ini caranya.

Cara mengetahui nomor IMEI ponsel

Nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan kode unik dari setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional.

Nomor IMEI ini membedakan setiap ponsel dengan ponsel lainnya. Berikut ini beberapa cara mengecek atau mengetahui nomor IMEI ponsel:

  • Untuk iPhone dan iPad, Nomor IMEI tertera langsung di punggung perangkat.
  • Untuk ponsel Android, nomor IMEI bisa dilihat lewat menu “Setting“, lalu pilih menu “About Phone“.
  • Dengan menekan angka *#06# di menu ponsel.
  • Dengan melihat kotak penjualan ponsel, biasanya ada label nomor IMEI-nya.

Cara mengecek IMEI di situs Kemenperin

Setelah kita mengetahui nomo IMEI hp kita, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan nomor IMEI hp atau ponsel kamu ke Kemenperin.

Apakah nomor IMEI kamu sudah terdaftar atau ilegal, langkah pertama adalah mempersiapkan nomor IMEI-nya.

Contoh hasil pengecekan IMEI di situs Kemenperin

Cara pengecekan No.IMEI ponsel sudah dibahas sebelumnya. Setelah mendapatkan nomor IMEI hp kamu, lakukan pengecekan di situs Kemenperin dengan cara sebagai berikut.

  • Buka situs Kemeperin atau link berikut ini https://imei.kemenperin.go.id/
  • Masukkan kode atau nomor IMEI ke kolom “Cek IMEI”
  • Klik tombol cari disamping kolom.
  • Apabila kemudian muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” maka ponsel didistribusikan melalui jalur resmi.
  • Apabila setelah dilakukan pengecekan di situs Kemenperin dan nomor IMEI belum terdaftar, maka ponsel tersebut bisa jadi adalah ponsel Black Market (BM) yang masuk ke Indonesia dengan cara tidak resmi.

Tips membeli ponsel baru agar tidak di blokir Pemerintah

Bagaimana tips membeli ponsel baru di toko atau online agar tidak di blokir oleh Pemerintah?.

Pemerintah menghimbau agar pembeli mengecek dulu nomor IMEI sebelum membeli. Nomor IMEI bisa dilihat di stiker yang ada pada bagian belakang kotak penjualan ponsel.

Cek ulang nomor IMEI dengan menekan *#06# di menu telepon. Selanjutnya, cek status IMEI tersebut lewat alamat imei kemenperin go id.

Demikian informasi mengenai nomor IMEI ponsel dan cara pengecekan IMEI hp di Kemenperin agar tidak di blokir Pemerintah.

Jika ada pertanyaan atau pengalaman yang ingin dibagi, silakan tulis di kolom komentar di bawah yaa. Jika artikel ini bermanfaat silakan di-share atau dibagikan.

About admin

Check Also

5 Cara Mudah Agar Rumah Kamu Bebas Virus Corona

5 Cara Mudah Agar Rumah Kamu Bebas Virus Corona

5 Cara Mudah Agar Rumah Kamu Bebas Virus Corona – Penyebaran Virus Corona semakin menjadi, kita …